Timnas Maroko merupakan salah satu wakil Afrika yang berhasil berangkat ke Piala Dunia 2018 di Rusia mendatang. Hal tersebut diperoleh setelah mereka sukses mengalahkan Pantai Gading dengan skor akhir 2-0 di Stadion Felix Houphouet-Boigny, Sabtu (11/11/2017).

Selain penampilan para pemain timnas yang begitu menawan, peran sang pelatih juga sangat menentukan. Sang pelatih timnas yakni Herve Renard merupakan salah satu kunci kesuksesan timnas Maroko di Piala Dunia 2018.

Herve Renard sendiri merupakan pria Prancis berumur 49 tahun yang  pernah menjadi pemain berkarier sebagai pesepakbola dan membela beberapa klub kecil asal Prancis sejak 1986. Renard kemudian gantung sepatu di tahun 2000 dengan Sporting Club de Draguignan. Tidak banyak bergaung sebagai pemain, Renard malah berhasil jadi pelatih, khususnya saat melatih timnas Afrika.

Di tahun 2012 silam, Renard berhasil memimpin Zambia meraih gelar Piala Afrika untuk kali pertama. Saat itu, Zambia sukses menang melawan salah satu tim sulit yakni Pantai Gading lewat adu penalti. Kedua tim tampil seri tanpa gol, dengan drama adu penalti pada skor 8-7 untuk keberhasilan Zambia.

Menariknya, Renard kembali membawa keberhasilan di Piala Afrika pada tahun 2012 namun dengan tim yang berbeda yakni timnas Pantai Gading di tahun 2015. Tapi dengan drama adu penalti, Pantai Gading sukses menang atas Ghana di babak Final dengan skor 9-8 di laga final Piala Afrika 2015.

Timnas Pantai Gading berhasil menang merebut Piala Afrika setelah absen 23 tahun. Dan sekarang saatnya timnas Maroko yang dia bawa melaju dengan pasti di Piala Dunia 2018. Kesuksesan tersebut menjadi yang pertama untuk Maroko selama 20 tahun ini.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *